Thursday, November 30, 2017

Pengertian Pendidikan Berdasarkan Lingkupnya Dan Berdasarkan Pendekatan Monodisipliner

pendidikan berdasarkan dari beberapa faktor oleh para ahli

https://edocationzone.blogspot.co.id

1. Pendidikan Berdasarkan Arti Luas

Dalam arti luas, hidup adalah pendidikan, dan pendidikan adalah hidup (life is education and education is life). Maksudnya bahwa pendidikan adalah segala pengalaman hidup (belajar) dalam berbagi lingkungan yang berlangsung sepanjang hayat dan berpengaruh postitif bagi pertumbuhan atau perkembangan individu tersebut. Dalam arti luas pula, pendidikan memiliki karakteristik sebagai berikut : tujuan pendidikan sama dengan tujuan hidup individu, tidak di tentukan oleh orang lain, Pendidikan berlangsung kapan pun yang artinya berlangsung sepanjang hayat (life long education).

Oleh karena itu pendidikan berlangsung dalam konteks hubungan individu yang bersifat multi dimensi, baik dalam hubungan individu dengan tuhannya, sesama manusia, alam, bahkan dengan dirirnya sendiri. Dalam hubungan yang bersifat multi dimensi itu, Pendidikan berlangsung dari berbagai bentuk kegiatan, tindakan, dan kejadian, baik yang pada awalnya disengaja untuk pendidikan maupun yang tidak sengaja untuk pendidikan. Pendidikan berlangsung untuk siapapun atau bukan untuk para siswa atau siswi saja. Pendidikan tidak memberikan batasan pada Schooling saja. Pendidikan juga berlangsung dalam keluarga, lignkungan , sekolah , masyarakat, dan didalam lingkungan alam dimana individu tersebut berada.

2. Pendidikan Berdasarkan Arti Sempit

Pada arti sempit, Pendidikan dalam prakteknya identic dengan persekolahan (schooling). Yaitu pengajaran yang di lakukan secara fomal dibawah kondisi-kondisi yang terkontrol dari berbagai macam sudut. Dalam arti sempit ini pula pendidikan memiliki karakteristik sebagai berikut: tujuan pendidikannya di tentukan oleh pihak luar individu peserta didik. Sebagaimana kita maklumi pendidikan suatu sekolah atau tujuan pendidikan suatu kegiatan belajar mengajar di sekolah tidak dirumuskan dan ditetapkan oleh siswanya. Lamanya waktu pendidikan bagi setiap individu didalam masyarakat cukup berareasi. Mungkin kurang atau sama dengan enam tahun, Sembilan tahun, bahkan bisa melebihi dari itu. Namun demikian terdapat titik terminal pendidikan yang ditetapkan dalam satuan waktu.

Pendidikan dilaksanakan disekolah atau didalam lingkungan khusus yang diciptakan secara sengaja untuk pendidikan dalam konteks program pendidikan sekolah. Dalam pengertian sempit, pendidikan hanyalah bagi mereka yang menjadi peserta didik (siswa/mahasiswa) dari suatu lembaga pendidikan formal (sekolah dan perguruan tinggi dll). Pendidikan dilaksanakan dalam bentuk kegiatan belajar mengajar yang terprogram dan bersifat formal atau disengaja untuk pendidikan dan terkontrol oleh pusat. Dalam arti sempit pula tenaga pendidik bagi para siswanya terbatas pada pendidikan professional atau guru.

3. Pengertian Pendidikan Berdasarkan Pendekatan Monodisipliner

Setiap disiplin ilmu memiliki objek formal yang berbeda, berdasarkan hasil studi terhadap objek formalnya masing masing, setiap disipllin ilmu menghasilkan perbedaan pula mengenai konsep atau definisi yang identic dengan pendidikan. Berdasarkan pendekatan sosiologi, pendidikan identic dengan sosialisasi. Sedangkan jika berdasarkan pendekatan antropologi, pendidikan akan identic dengan enkulturasi. Jika berdasarkan pendekatan ekonomi, pendidikan akan lebih identic dengan penenaman modal pada diri manusia (human investment). Berdasarkan pendekatan politik, pedidikan identic dengan civilisasi, berdasarkan pendekatan psikologis, pendidikan akan identic dengan personalisasi atau individualisasi. Berdasarkan pendekatan biologi, pendidikan akan identik dengan adaptasi.

Unknown

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.